Asiteru

xbanner-asiteruAsiteru (Aksi Sahabat Indonesia Tebar Buku)

Buku adalah jendela dunia, ilmu pengetahuan sangat beragam di dalamnya, namun tidak setiap orang memiliki akses untuk membukanya. Indonesia masih termasuk negara yang memiliki minat baca buku yang sangat rendah, padahal dengan membaca buku kita bisa meningkatkan kualitas pendidikan hingga sumber daya manusia kita, maka itu sangatlah penting kita tanamkan minat membaca kepada anak-anak sejak dini. Selain kurangnya minat baca, akses dan harga terhadap buku-buku berkualitas sangatlah sulit serta mahal, apalagi saat ini kebanyakan hanya tersedia di kota-kota besar saja.
Berawal dari kendala-kendala tersebut maka kakak-kakak dari Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) Makassar membuat gerakan Aksi Sahabat Indonesia Tebar Buku yang disingkat “Asiteru”, kegiatannya meliputi; membuka Pojok Baca di salah satu titik keramaian Kota Makassar dan menggalang Donasi Buku untuk disalurkan ke Perpustakaan atau Taman Baca di daerah-daerah terpencil se-Indonesia Timur.

Adapun kegiatan Asiteru yang telah dilaksanakan hingga saat ini diantaranya:

  1. . Mendonasikan buku ke Perpustakaan Rumah Sandeq, Luaor, Kabupaten Majene. Kegiatan ini adalah hasil kerja sama dari Rumah Relawan Remaja (3R), SIGi regional Makassar dan SIGi Majene.
  2. Membuka Pojok Baca di depan Benteng Rotterdam, Anjungan Pantai Losari, dan titik-titik keramaian lain di sudut kota Makassar, dsb.
  3. Menggalang donasi buku sekaligus membuka Perpustakaan Mini untuk murid-murid SDN Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa.
  4. Menggalang donasi buku sekaligus membuka Perpustakaan Mini untuk murid-murid Sekolah Kolong, Kampung bara-barayya Desa Bontomanurung Kec. Tompo Bulu Kab. Maros.