Tentang Kami

Bermula Sejak 3 November 2012

“ Kami hanyalah sekumpulan orang-orang yang berusaha mengerakkan hati masing-masing” salah satu semboyan SIGI Regional Makassar dan semboyan ini yang menjadi stimulus yang mampu memacu adrenalin para SIGIers untuk tetap semangat dalam berbagi karena “berbagi tak akan membuatmu rugi”.

Education

Sekolah alternatif / non-formal untuk anak-anak pinggiran

SOCIAL WORK & HUMANITY

Kerja-kerja bidang sosial dan kemanusiaan

COMMUNITY COLLABORATION

Kolaborasi antar komunitas

Program Kami

SIGi Carakde merupakan program pegembangan sumber daya manusia mulai dari pembentukan karakter, akhlak, dan kemampuan motorik serta kreatifitas adik-adik. Sistem pembelajaran di program Carakde ini mengacu pada modul yang disusun oleh tim dari kakak SIGIers. Program ini dilaksanakan setiap hari Ahad

Project Berbagi merupakan Program rutin SIGi Makassar yang dilaksanakan sekali dalam tiga bulan yang tujuannya untuk berbagi kebahagiaan terhadap adik-adik yang kurang beruntung. Project Berbagi ini kita barengi dengan sharing mimpi untuk memotivasi adik-adik untuk mengejar dan menggapai mimpi-mimpi mereka di masa depan nanti.

Telling (Teater Keliling) merupakan sebuah program yang dilaksanakan paling kurang 3 kali dalam setahun.  Edukasi melalui media audio visual (film) adalah suatu bentuk edukasi yang mampu memberi gambaran langsung kepada anak-anak Indonesia diberbagai daerah yang masih butuh perhatian sehingga apa yang anak-anak lihat bisa menjadi informasi dan bisa membuka cakrawala wawasan mereka seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa sekarang.

Buku adalah jendela dunia, ilmu pengetahuan sangat beragam di dalamnya, namun tidak setiap orang memiliki akses untuk membukanya. Indonesia masih termasuk negara yang memiliki minat baca buku yang sangat rendah, padahal dengan membaca buku kita bisa meningkatkan kualitas pendidikan hingga sumber daya manusia kita, maka itu sangatlah penting kita tanamkan minat membaca kepada anak-anak sejak dini. Selain kurangnya minat baca, akses dan harga terhadap buku-buku berkualitas sangatlah sulit serta mahal, apalagi saat ini kebanyakan hanya tersedia di kota-kota besar saja.
Berawal dari kendala-kendala tersebut maka kakak-kakak dari Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) Makassar membuat gerakan Aksi Sahabat Indonesia Tebar Buku yang disingkat “Asiteru”, kegiatannya meliputi; membuka Pojok Baca di salah satu titik keramaian Kota Makassar dan menggalang Donasi Buku untuk disalurkan ke Perpustakaan atau Taman Baca di daerah-daerah terpencil se-Indonesia Timur.

Kahuripan berarti Kehidupan, setiap sekali dalam satu bulan kami para SIGiers berkumpul di suatu tempat dan mengumpulkan receh masing-masing berupa uang koin atau uang kertas untuk dimanfaatkan bagi kehidupan orang lain. Menabung dan menyisihkan uang receh di celengan SIGI sambil mengajak teman atau kenalan-kenalan lainnya untuk ikut di program ini. Sasaran dari program ini yaitu untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu dan untuk mengadakan alat-alat penunjang untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan SIGi Makassar ke depannya. Program ini juga sebagai ajang untuk temu kangen para kakak-kakak SIGiers.

Jadi Relawan

Menjadi Relawan Bisa Memperluas Pergaulanmu, Karena Kamu Bakal Punya Kesempatan Untuk Mengenal Orang-Orang Baru.

Testimoni

PARTNERSHIP & SPONSORHIP