Uncategorized

SIGi Berbagi Buku di Malino

2017-01-22 16.40.17

Aksi tebar buku (Asiteru) oleh komunitas SIGi Makassar disambut ceria oleh adik-adik SDN Pattapang, Malino. Udara dingin menusuk pori-pori pagi itu sama sekali tidak meredupkan semangat SIGiers untuk tiba di sekolah pukul 08.00 WITA, Sabtu 21 Januari 2017. Guru-guru di sekolah menyambut dengan hangat.

Sekolah ini terletak pada ketinggian 1600 mpdl, kecamatan tinggimoncong. Hati bergetar saat memasuki sekolah. Ruang kelas hanya dua buah dan satu ruang guru. Kelas 1-2-3 belajar dalam satu ruangan sederhana beralaskan tanah dan kelas 4-5-6 pun berada di satu ruangan, tanpa sekat. Namun tak menyurutkan semangat belajar siswa di sekolah ini.

SIGi Makassar, Salam SIGi ceria.

Yel-yel SIGi Makassar menggema di ruang kelas saat acara dimulai.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini. Artinya banyak pihak yang peduli dengan keadaan sekolah di pelosok. Semoga semangat belajar adik-adik semakin bertambah dengan kehadiran buku-buku ini” sambut kepala sekolah.

Asiteru merupakan salah satu kegiatan komunitas SIGi Makassar (Sahabat Indonesia Berbagi regional Makassar) dengan membuka pojok baca dan donasi buku kepada adik-adik di pedalaman yang membutuhkan. Kami bergerak dengan langkah kecil, mengumpulkan satu demi satu buku bacaan, seribu dua ribu recehan untuk perpustakaan kecil adik-adik di sekolah sederhana mereka. Alhamdulillah terkumpullah 375 buku dan sebuah rak buku.

Pengumpulan buku berlangsung sekitar 2 bulan dengan membuka dropbox donasi. Juga pembelian alat tulis untuk dijadikan sebagai bingkisan yang diberikan kepada adik-adik.

“Kami datang membagi kebahagiaan kepada adik-adik” kata Oji selaku PJ acara.

Di pertengahan acara, adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian didampingi oleh beberapa kakak-kakak SIGi untuk membaca buku cerita. Ada pula yang dibacakan dongeng untuk tingkatan kelas 1 yang belum tahu membaca.

“Gajah panjang sekali hidungnya” Fadil siswa kelas 1 menceritakan kembali di depan kelas.

Gelak tawa kebahagiaan memenuhi ruangan melihat tingkah polos dan keberanian Fadil untuk maju bercerita.

Setelah mengadakan pojok baca, tak ketinggalan pula games seru yakni games tebak gaya. Kembali tingkah lucu adik-adik memancing tawa para SIGier.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada adik-adik yang berani maju bercerita dan hadiah untuk pemenang games. Setelah itu penyerahan simbolis perpustakaan mini dari PJ asiteru ke kepala sekolah. Tak lupa pula foto bersama dan pemberian bingkisan ke adik-adik.

1485140566346[1]

Selamat membuka jendela dunia melalui buku dik. Selamat Berbahagia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *